Rabu, 24 September 2008

CAI (Computer Assisted Instructions)

: heru subrata

Pembelajaran Berbantuan Komputer
Komputer dapat lebih memberdayakan guru dan siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang selama ini dilaksanakan. Hal tersebut disebabkan dengan menggunakan media komputer, memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu bahan dengan cara-cara baru yang lebih interaktif. Komputer dapat menjadi katalisator untuk meraih sasaran-sasaran pendidikan yang telah di tetapkan oleh orang tua, pendidik, dan pemerintah,
Pemanfaatan komputer sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang sangat positif—karena selain baru bagi perkembangan teknologi pembelajaran—juga memiliki sifat yang representatif dan interaktif. Komputer dapat menjadi sarana pembelajaran yang inovatif, dari tradisi papan tulis dan kapur. Dengan Power Point misalnya, para guru dapat menyulut minat anak-anak terhadap pelajaran lewat penyertaan foto-foto, potongan film, dan bahkan berhubungan dengan internet. (Gates, 2000: 355).
CAI (Computer Assisted Instructions) hakekatnya merupakan penawaran baru dalam cara pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang lebih berpusat pada guru. Walaupun sudah kita ketahui bersama, bahwa cara-cara belajar dan mengajar, serta pemerolehan informasi pembelajaran tiap individu berbeda.
Banyak teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu. Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan atribut-atribut yang mirip. Uraian yang paling sederhana, ada orang yang belajar lebih baik dengan membaca, ada yang lebih baik lewat mendengarkan, ada yang dengan memperhatikan orang lain mengerjakan tugas, ada pula yang harus mengerjakan tugas itu sendiri. Kebanyakan diantara kita menggunakan beberapa kombinasi dari beberapa cara ini. Dan, semua orang mempunyai tingkat aptitude yang berbeda—selain kepribadian dan pengalaman hidup berbeda-beda—yang mungkin memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seorang yang secara fisik maupun psikis tidak memiliki kemampuan sebagaimana orang-orang normal (tuna rungu, tuna wicara, dsb), mungkin akan perlu bantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran lewat cara baru dengan menggunakan bantuan komputer.

Perangkat lunak pendukung CAI
Beberapa perangkat lunak baru dalam bidang komputer memudahkan para siswa belajar dengan gaya belajar atau irama belajar masing masing. Perangkat lunak dapat menyajikan informasi dalam bermacam macam bentuk yang jauh lebih mudah daripada ‘metode-metode kertas’ yang selama ini kita pakai. Perangkat lunak tersebut antara lain: Alteros 3D, Macromedia Director, Power Presentations, Microsoft Office, Web Master, dan masih banyak lagi perangkat lunak lain yang dapat mendukung pemakaian komputer pembelajaran. Jelasnya, dengan pemanfaatan perangkat-perangkat lunak komputer, dapat membantu mengubah pengalaman belajar dari pendekatan tradisional (guru berbicara di depan kelas, kemudian memberikan tugas membaca) ke pendekatan lebih partisipatif yang memanfaatkan rasa ingin tahu alami para siswa pada semua usia. Melalui komputer ysng terintegrasi dalam pembelajaran, memungkinkan siswa menggali informasi menurut irama mereka sendiri, belajar dari video dan audio selain dari bacaan, bereksperiman dengan model-model, dan bekerja sama dengan sesama siswa sesuai dengan kemauannya. Dalam konteks pendekatan ilmu jiwa disebut pendekatan pemecahan masalah yang diarahkan sendiri, atau sering disebut dengan pendekatan progresif.
John Dewey dan para pembaharu pendidikan, pernah mengusulkan perubahan dari pembelajaran secara didaktik ke pembelajaran lewat pengalaman pada tahun 1899. Upaya membangun pembelajaran lewat pengalaman, tentunya memerlukan media yang representatif, yang ternyata baru dapat diwujudkan sekitar tahun 1968—masa munculnya arphanet—yang kemudian berkembang pesat pada dasa warsa 80-an sampai sekarang. Di Indonesia sendiri baru berkembang baik setelah era 90-an.

Struktur CAI
CAI merupakan program pembelajaran dengan memanfaatkan komputer yang memiliki struktur program diantaranya: desain bentuk (aplikasi perangkat lunak), isi (pesan pembelajaran), dan pendukung (perangkat lunak yang dibutuhkan dalam pengoperasian program, teks, audio, video, grafis, dan sebagainya). Keseluruhan komponen terintegrasi dalam sebuah program dengan memperhatikan: kemudahan pengoperasian, interaktivitas, kemenarikan, dan dukungan perangkat evaluai untuk mengukur tingkat pemahaman siswa seperti Multiple Choice System, atau perangkat lunak sejenisnya.
Secara keseluruhan, CAI hendaknya memiliki beberapa kriteria, diantaranya: dari sudut pandang dosen/guru adalah: mudah digunakan (baik pembuatan maupun pemanfaatannya), hanya memerlukan pelatihan minimal, memungkinkan pembelajaran dengan cara siswa sendiri, memungkinkan pengendalian pembelajaran sesuai dengan lingkungan. Sedangkan dari sudut pandang siswa: fleksibilitas, bahan belajar lebih kaya dibandingkan melalui kelas konvensional, berjalan pada komputer yang telah tersedia, memungkinkan kolaborasi yang memadai, mencakup pengembangan materi lanjutan melalui diskusi kelas dan kerja kelompok. Dengan demikian struktur program CAI harus bersifat dapat terus dikembangkan (scalable) (NeoEdu, 2000: 35). Berikut adalah scema langkah-langkah untuk mengintegrasikan komputer ke dalam pembelajaran.

(Gates, 2000: 356)
Simpulan
Komputer merupakan piranti komunikasi dan produktifitas primer dalam abad digital. Melalui pembelajaran dengan bantuan computer memungkinkan setiap siswa di setiap sekolah dan komunitas mempunyai akses ke informasi dan kolaborasi yang lebih memadai. Para pendidik akan memperoleh manfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Para pendidik yang menggunakan komputer sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus akan bertindak sebagai motor perubahan.


Gates, Bill, 2000. Business @ The Speed of Thought. Alihbahasa: Alex Tri Kancoro W. Jakarta: Gramedia

Belajar di Era Internet Nopember 2000, dalam NeoEdu: http://www.sekolah2000.com

8 komentar:

  1. slam knal pak heru..saya iman, mau nanya nih gimana langkah-lamgkah mengimplementasikan pembelajaran cai?kan ditullisan bpk ga dicantumin...tolong balas ke email saya ya pak...d/a : ibhaerollna@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Prinsip CAI adalah pembelajaran berbantuan komputer. Implementasi dari CAI ini dapat berupa media penyerta {alat/peraga}, atau desain pembelajaran yang terintegrasi dengan komputer. Contoh paling sederhana adalah pemanfaatan e-learning, pemenfaatan CD pembelajaran, pemanfaatan pembelajaran berbasis WEB, dsb. Jadi apabila anda memanfaatkan komputer sebagai sarana melaksanakan pembelajaran, pada dasarnya sudah menggunakan CAI. Terimakasih

    BalasHapus
  3. selamat sore pak..saya menggunakan artikel bapak sebagai bahan landasan teori skripsi, saya kesulitan mencari sumber yang bapak tulis "(NeoEdu, 2000: 35)", kira-kira dalam buku apa ya pak??judulnya sekalian..
    soalnya kalo narasumber bentuk web kurang diizinkan dikampus saya...

    tadi saya sempat cari2 neo edu ialah majalah, tapi halaman 35 tidak ada yang sama dengan artikel yang bapak tulis..

    maturnuwun sebelumnya.

    >>ndledex86@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Mas Santo, NeoEdu itu web jurnal, jadi memang sebagian ahli mengatakan artikel di website belum dapat digunakan sejajar dengan buku pustaka, jadi kalau toh digunakan sebatas pendukung latar belakang yang ditulis di footnote [catatan kaki], tetapi sebagian ahli [termasuk DP2M DIKTI] mengatakan kalau website jurnal boleh digunakan.
    Terima kasih, selamat menulis...

    BalasHapus
  5. kaLau Langkah-langkah atau tahapan daLam pra produksi dan produksi CAI bagaimana???

    BalasHapus
  6. salam kenal pak heru..
    saya mau tanya. apakah CAI dapat diterapkan untuk peningkatan psikomotorik siswa ?

    BalasHapus
  7. pak. saya ada penelitian yang menggunakan alat peraganya : 1 buah laptop, 1 cd interaktif, 1 infocus. apakah ini termasuk kategori media pembelajaran CAI ? kalau bisa blas nya via email saya : newgrafico2@gmail.com.. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. ijin copas ya pak ? sumber tetap saya link ke blog ini ..
    artikel bagus sesuai mata kuliah saya saat ini ..

    terima kasih pak ..

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar