Kamis, 10 September 2009

SAP Pengembangan Pembelajaran BI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN I

Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Kajian berbagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : I -II (kesatu sampai dengan kedua)

Alokasi Waktu : 4 x 100 menit

Kompetensi Dasar

Mengkaji berbagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI

Indikator

1. Menjelaskan berbagai teori inovasi dalam pembelajaran menyimak dan berbicara secara terintegrasi.

2. Menjelaskan berbagai teori inovasi dalam pembelajaran membaca dan menulis secara terintegrasi

3. Menjelaskan konsep terpadu dalam pembelajaran bahasa.

4. Menjelaskan teori belajar yang mendasari pembelajaran kontekstual

5. Menjelaskan Pengertian Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual

6. Mengidentifikasi ciri-ciri Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual.

7. Mendeskripsikan beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran di kelas yang mampu membuat siswa aktif, kreatif dan menyenangkan.

§ pembelajaran langsung

§ pembelajaran kooperatif

§ pembelajaran berdasarkan masalah

§ pembelajaran inkuiri.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai teori inovasi dalam pembelajaran menyimak dan berbicara secara terintegrasi.

2. Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai teori inovasi dalam pembelajaran membaca dan menulis secara terintegrasi

3. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep keterpaduan dalam pembelajaran bahasa.

4. Mahasiswa dapat menjelaskan teori belajar yang mendasari pembelajaran kontekstual

5. Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual

6. Mahasiswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual.

7. Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai model-model pembelajaran inovatif.

8. Mahasiswa dapat menjelaskan cirri-ciri model pembelajaran langsung

9. Mahasiswa dapat menjelaskan fase model pembelajaran langsung

10. Mahasiswa dapat menjelaskan cirri-ciri model pembelajaran kooperatif

11. Mahasiswa dapat menjelaskan fase model pembelajaran kooperatif

12. Mahasiswa dapat menjelaskan cirri-ciri model pembelajaran berdasarkan masalah

13. Mahasiswa dapat menjelaskan fase model pembelajaran berdasarkan masalah Mahasiswa dapat menjelaskan cirri-ciri model pembelajaran inkuiri

14. Mahasiswa dapat menjelaskan fase model pembelajaran inkuiri

Bahan/alat yang diperlukan:

Berbagai bacaan tentang teori belajar dan pembelajaran inovatif. Pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Lembar Kerja Mahasiswa.

Persiapan:

Dosen menyiapkan materi pembelajaran dan bahan-bahan yang diperlukan, serta sejumlah pertanyaan tentang sekitar materi yang dapat digunakan untuk mengaktifkan skemata mahasiswa.

Proses Pembelajaran:

Pertemuan I

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab dengan menggunakan sejumlah pertanyaan yang telah dipersiapkan untuk mengaktifkan skemata mahasiswa,

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Informasi permasalahan yang sudah dan yang yang akan dikuasai oleh mahasiswa, dan

d. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

  1. Dosen memberikan pertanyaan secara interaktif mengenai pengertian pembelajaran inovatif dan teori-teori yang melandasi.
  2. Mendiskusikan konsep terpadu dalam pembelajaran bahasa (keterpaduan antar keterampilan dan keterpaduan antaraspek kebahasaan).
  3. Mendiskusikan teori belajar yang mendasari pembelajaran kontekstual
  4. Mendiskusikan ciri pengajaran dan pembelajaran kontekstual.
  5. Presentasi hasil diskusi

3. Penutup

a. Penyimpulan hasil.

b. Refleksi

Pertemuan II

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab dengan menggunakan sejumlah pertanyaan yang telah dipersiapkan untuk mengaktifkan skemata mahasiswa,

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

  1. Mahasiswa berdiskusi untuk mengkaji berbagai teori inovasi dalam pembelajaran menyimak dan berbicara secara terintergrasi.
  2. Berdiskusi untuk mengkaji berbagai teori inovasi dalam pembelajaran membaca dan menulis secara terintegrasi.

c. Mendiskusikan beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran di kelas yang mampu membuat siswa aktif, kreatif dan menyenangkan.

§ pembelajaran langsung

§ pembelajaran kooperatif

§ pembelajaran berdasarkan masalah

§ pembelajaran inkuiri.

  1. Presentasi hasil diskusi.

3. Penutup

c. Penyimpulan hasil.

d. Refleksi

e. Penugasan

Tagihan :

Rangkumlah materi perkuliahan, sehingga menjadi sebuah pemahaman yang komprehensif tentang model-model pembelajaran inovatif dari berbagai bacaan tentang teori belajar dan pembelajaran inovatif. Pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Lembar Kerja Mahasiswa

SATUAN ACARA PERKULIAHAN II

Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI.

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : 3-6 ( ketiga sampai dengan keenam)

Alokasi Waktu : 4 x 100 menit

Kompetensi Dasar

Berlatih mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI sesuai dengan tutntutan situasi jaman dan kebutuhan peserta didik.

Indikator

1. Berlatih untuk mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD sesuai tuntutan jaman dan kebutuhan peserta didik.

2. Mengidentifikasi SK, KD dari empat keterampilan berbahasa, yang ada dalam Kurikulum yang berlaku.

3. Mengidentifikasi KD antar keterampilan yang dapat dipadukan dalam pembelajaran bahasa.

4. Menjabarkan KD menjadi indikator-indikator.

5. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD-KD dengan memasukkan aspek ABCD.

6. Menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas-kelas awal SD.

7. Menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas-kelas tinggi SD.

8. Mengembangkan materi yang sesuai dengan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa kelas awal/tinggi SD.

9. Memilih, menetapkan sumber dan media pembelajaran yang sesuai.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD sesuai tuntutan jaman dan kebutuhan peserta didik.

2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi SK, KD dari empat keterampilan berbahasa, yang ada dalam Kurikulum yang berlaku.

3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi KD antar keterampilan yang dapat dipadukan dalam pembelajaran bahasa.

4. Mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi indikator-indikator.

5. Mahasiswa dapat merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD-KD dengan memasukkan aspek ABCD.

6. Mahasiswa dapat menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas-kelas awal SD.

7. Mahasiswa dapat menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas-kelas tinggi SD.

8. Mahasiswa dapat mengembangkan materi yang sesuai dengan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa kelas awal/tinggi SD.

9. Mahasiswa dapat memilih, menetapkan sumber belajar yang sesuai dengan materi, KD, indikator, dan tujuan pembelajaran.

10. Mahasiswa dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi, KD, indikator, dan tujuan pembelajaran.

Pertemuan III

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab dengan menggunakan sejumlah pertanyaan yang telah dipersiapkan untuk mengaktifkan skemata mahasiswa,

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.

b. Tiap kelompok diminta mengidentifikasi SK dan KD dari empat keterampilan berbahasa yang ada dalam Kurikulum yang berlaku, mulai dari kelas awal sampai dengan kelas tinggi.

c. Mengidentifikasi KD antar keterampilan yang dapat dipadukan dalam pembelajaran bahasa pada setiap jenjang kelas, mulai kelas I sampai dengan kelas VI.

d. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

e. Tiap kelompok saling memberikan masukan dan melakukan penyempurnaan.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil
  2. Tiap kelompok merevisi hasil kerjanya berdasarkan masukan kelompok lain.
  3. Refleksi

Tagihan :

  1. Revisi hasil kerjanya berdasarkan masukan kelompok lain (berupa pengelompokan KD-KD antar keterampilan yang dapat dipadukan pengajarannya).

Pertemuan IV

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab tentang hasil kerja kelompok pada pertemuan sebelumnya.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Berdasarkan hasil kerja kelompok pada pertemuan sebelumnya, mahasiswa diminta menjabarkan KD menjadi indikator-indikator.

b. Berdasarkan KD dan indikator yang sudah dibuat, kelompok diminta merumuskan tujuan pembelajaran dengan memasukkan aspek ABCD.

c. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

d. Tiap kelompok saling memberikan masukan dan melakukan penyempurnaan.

  1. Tiap kelompok merevisi hasil kerjanya berdasarkan masukan kelompok lain.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil
  2. Refleksi

Pertemuan V dan Pertemuan VI

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab tentang hasil kerja kelompok pada pertemuan sebelumnya.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Berdasarkan KD, indikator, dan tujuan yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya, mahasiswa diminta memilih 1 KD dengan indikator dan tujuan yang terintegrasi antar keterampilan berbahasa.

b. Berdasarkan KD yang dipilih mahasiswa berdiskusi untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa SD.

c. Secara berkelompok mahasiswa berdiskusi untuk memilih sumber dan menetapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, tingkat kemampuan, dan karakteristik siswa.

d. Presentasi hasil diskusi.

e. Pembahasan dan saran dari kelompok lain.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil
  2. Refleksi

4. Tagihan

Sumber dan media yang relevan dengan materi pembelajaran.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN III

Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI.

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : VII-VIII ( ketujuh sampai dengan kedelapan)

Alokasi Waktu : 2x 100 menit

Kompetensi Dasar

Berlatih menyusun rancangan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam rangka pencapaian tujuan utuh pendidikan.

Indikator

1. Dapat menjelaskan komponen silabus secara lengkap dan sistematis.

2. Dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun silabus.

3. Dapat menyusun silabus lengkap dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas awal SD.

Tujuan Pembelajaran:

1. Berdasarkan contoh-contoh silabus mahasiswa dapat menjelaskan komponen silabus secara lengkap dan sistematis.

2. Dengan memperhatikan demonstrasi dosen tentang menyusun silabus mahasiswa dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun silabus.

3. Dengan ditugasi oleh dosen, mahasiswa dapat menyusun silabus lengkap dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas awal SD.

4. Dengan ditugasi oleh dosen, mahasiswa dapat menyusun silabus lengkap dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas tinggi SD.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan VII

1. Pendahuluan

a. Tanya jawab tentang pengalaman mahasiswa berkenaan dengan perangkat pembelajaran ( Silabus dan RPP) sebagai pembangkitan skemata mahasiswa.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan


2. Penyajian

a. Penjelasan dosen tentang komponen silabus.

b. Demonstrasi penyusunan contoh silabus dari dosen.

c. Bertanya jawab tentang penyusunan silabus.

d. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 -5 orang mahasiswa.

e. Secara berkelompok mahasiswa menyusun silabus untuk kelas-kelas awal SD sesuai langkah-langkah yang benar.

f. Wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil.

b. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk merevisi silabus berdasarkan masukan teman dan dosen.

Pertemuan VIII

1. Pendahuluan

a. Tanya jawab silabus yang telah direvisi, sebagai pembangkitan skemata mahasiswa.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 -5 orang mahasiswa.

b. Secara berkelompok mahasiswa menyusun silabus untuk kelas-kelas tinggi SD sesuai langkah-langkah yang benar.

c. Wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain..

d. Merevisi silabus berdasarkan masukan teman dan dosen.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil.

e. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk menyiapkan menyusun RPP pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN IX :

Ujian Tengah Semester

SATUAN ACARA PERKULIAHAN IV

Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI.

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : X – XI (kesepuluh sampai dengan kesebelas)

Alokasi Waktu : 2x 100 menit

Kompetensi Dasar

Berlatih menyusun rancangan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam rangka pencapaian tujuan utuh pendidikan.

Indikator

1. Dapat menjelaskan komponen RPP secara lengkap dan sistematis.

2. Dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun RPP.

3. Dapat menyusun RPP lengkap dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas awal SD.

4. Dapat menyusun RPP utuh dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas tinggi SD.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat menjelaskan komponen RPP secara lengkap dan sistematis.

2. Dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun RPP dengan benar.

3. Menyusun RPP utuh dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristik siswa kelas awal SD.

4. Mahasiswa dapat menyusun instrumen evaluasi pembelajaran baik proses dan produk untuk kelas awal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Kegiatan Pembelajaran

Petemuan X dan XI

1. Pendahuluan

a. Tanya jawab tentang pengalaman mahasiswa berkenaan dengan perangkat pembelajaran ( Silabus dan RPP) sebagai pembangkitan skemata mahasiswa.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

Penyajian

a. Penjelasan dosen tentang komponen RPP.

b. Demonstrasi penyusunan contoh RPP dari dosen.

c. Bertanya jawab tentang penyusunan RPP.

d. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 -5 orang mahasiswa.

e. Secara berkelompok mahasiswa menyusun RPP untuk kelas-kelas awal SD sesuai langkah-langkah yang benar.

f. Wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.

3. Penutup

  1. Penyimpulan hasil.

h. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk merevisi silabus berdasarkanmasukan teman dan dosen.

Petemuan XI

1. Pendahuluan

a. Tanya jawab RPP yang telah direvisi, sebagai pembangkitan skemata mahasiswa.

b. Menjelaskan rincian materi yang akan disampaikan,

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 -5 orang mahasiswa.

b. Secara berkelompok mahasiswa menyusun RPP untuk kelas-kelas tinggi SD sesuai langkah-langkah yang benar.

c. Wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain..

d. Merevisi RPP berdasarkan masukan teman dan dosen.

3. Penutup

a. Penyimpulan hasil.

b. Refleksi

c. Tugas lanjutan untuk menyiapkan simulasi berdasarkan RPP yang telah disusun pada pertemuan berikutnya.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN V


Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI.

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : XII – XII ( kesebelas sampai dengan kedua belas)

Alokasi Waktu : 2x 100 menit

Kompetensi Dasar

Berlatih melaksanakan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam rangka pencapaian tujuan utuh pendidikan (C.4.c)

Indikator

1. Melaksanakan pembelajaran menyimak di kelas secara terpadu dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif di kelas awal maupun kelas tinggi.

2. Melaksanakan pembelajaran berbicara secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal maupun kelas tinggi.

3. Melaksanakan pembelajaran membaca secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal dan di kelas tinggi.

4. Melaksanakan pembelajaran menulis secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal dan di kelas tinggi.

5. Melaksanakan penilaian pembelajaran bahasa secara holistik.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran menyimak secara terpadu dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif di kelas awal maupun kelas tinggi.

2. Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran berbicara secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal maupun kelas tinggi.

3. Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran membaca secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal dan di kelas tinggi.

4. Melaksanakan pembelajaran membaca secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal dan di kelas tinggi.

5. Melaksanakan pembelajaran menulis secara terpadu dengan menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas awal dan di kelas tinggi.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan XII

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab tentang tugas mahasiswa berkenaan dengan persiapan simulasi yang akan dilakukan.

b. Menjelaskan prosedur simulasi dan aturan main yang dilakukan.

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

a. Mahasiswa diminta mengadakan kesepakatan urutan tampil dengan cara diundi.

b. Membuat kesepakatan tentang durasi waktu tampil,dan aturan-aturan tampil.

c. Wakil kelompok bersimulasi sebagai guru berdasarkan RPP yang telah dibuat.

d. Kelompok lain sebagian bertindak menjadi siswa dan sebagian menjadi pengamat.

e. Simulasi dilakukan secara bergilir dengan urutan hasil pengundian.

f. Tanggapan dari kelompok-kelompok lain tentang pelaksanaan simulasi yang dilakukan.

3. Penutup

  1. Pembahasan dan Penyimpulan hasil simulasi yang telah dilakukan..

b. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk menyiapkan simulasi berdasarkan RPP yang telah dibuat bagi kelompok yang belum tampil.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan XIII

1. Pendahuluan

a.Tanya jawab tentang tugas mahasiswa berkenaan dengan persiapan simulasi yang akan dilakukan.

b. Menjelaskan prosedur simulasi dan aturan main yang dilakukan.

c. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

g. Mahasiswa bersimulasi melanjutkan urutan tampil (sesuai kesepakatan pada pertemuan sebelumnya).

h. Wakil kelompok bersimulasi sebagai guru berdasarkan RPP yang telah dibuat.

i. Kelompok lain sebagian bertindak menjadi siswa dan sebagian menjadi pengamat.

j. Simulasi dilakukan secara bergilir dengan urutan hasil pengundian.

k. Tanggapan dari kelompok-kelompok lain tentang pelaksanaan simulasi yang dilakukan.

3. Penutup

  1. Pembahasan dan Penyimpulan hasil simulasi yang telah dilakukan..

d. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk menyiapkan simulasi berdasarkan RPP yang telah dibuat bagi kelompok yang belum tampil.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN VI

Mata kuliah : Model Pembelajaran Bahasa di sekolah dasar.

Pokok Bahasan : Mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI.

Jumlah SKS : 2 sks

Semester : 1 (satu)

Pertemuan : XIV – XV ( ketujuh sampai dengan kedelapan)

Alokasi Waktu : 2x 100 menit

Kompetensi Dasar

Berlatih menggunakan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran BI (C.4.f)

Indikator

1. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan objek-objek konkret di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

2. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium pembelajaran BI sekolah sebagai sumber belajar.

3. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

4. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan nara sumber di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran dalam bertuk simulasi dengan memanfaatkan objek-objek konkret di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

2. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium pembelajaran BI sekolah sebagai sumber belajar.

3. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

4. Melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan nara sumber di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan XIV dan XV

1. Pendahuluan

  1. Tanya jawab tentang tugas mahasiswa berkenaan dengan persiapan simulasi yang akan dilakukan.
  2. Menjelaskan prosedur simulasi dan aturan main yang dilakukan.
  3. Menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan

2. Penyajian

Mahasiswa bersimulasi melaksanakan pembelajaran dalam bertuk simulasi dengan memanfaatkan objek-objek konkret di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

a. Bersimulasi melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium pembelajaran BI sekolah sebagai sumber belajar.

b. Bersimulasi melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

c. Bersimulasi elaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan nara sumber di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

3. Penutup

  1. Pembahasan dan Penyimpulan hasil simulasi yang telah dilakukan..

f. Refleksi

  1. Tugas lanjutan untuk menyiapkan simulasi berdasarkan RPP yang telah dibuat bagi kelompok yang belum tampil.


PERTEMUAN XVI : UAS

2 komentar:

  1. sebelumnya kami mohon maaf....
    pada tulisan bapak sudah sangat bagus tapi kami masih belum paham jika tidak melakukan langsung.karena dengan melakukan langung kita akan tauh letak kealahan kita .
    itu saja pak komentar dari kami.
    (mahasiswa penyetaraan PGSDS1 kelas E no 6)

    BalasHapus
  2. ya benar..memang mengalami itu jauh lebih bermakna drpd pemahaman yang bersifat teoritis, pada muaranya harus dipraktekkan agar kita dapat pengalaman langsung yang berarti

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar