Sabtu, 05 Desember 2009

Menerapkan Sikap A.S.K. (Aktif Berburu Pengetahuan/ Actively Seek Knowledge)

Definisi sikap: Tabiat, kecenderungan atau orientasi



Anak-anak adalah pembelajar yang agresif, yang selalu menyerap informasi, baik melalui maupun tanpa guru. Dalam buku ini, cara belajar seperti ini disebut sikap A.S.K. (aktif berburu pengetahuan / Actively Seek Knowledge).

Anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun, adalah pembelajar yang aktif. Mereka melakukan segalanya: menyelidiki, menjadi bagian dari, mencoba, mengganti, dan gagal. Mengapa? adalah pertanyaan yang selalu diajukan. Mereka tidak pernah menunggu motivasi, penghargaan, bahkan pengajaran dari orang lain. Anak-anak belajar berjalan dan mengucapkan kata-kata dengan sedikit petunjuk yang diberikan oleh orang lain. Anak-anak yang berada di dalam rumah yang menggunakan dua bahasa, belajar kedua bahasa tersebut, secara spontan, tanpa pedoman-pedoman, tanpa berlatih khusus, dan tanpa ujian. Mereka belajar tanpa sadar dan tidak takut gagal.

Sayangnya, sekolah-sekolah formal yang tradisional menjadikan para pembelajar berperan pasif. Para pelajar menunggu gurunya memberikan instruksi tentang materi pelajaran, kapan harus dipelajari, dan bagaimana cara belajarnya. Banyak sekali kegembiraan belajar hilang selama proses ini. Perhatikan murid-murid taman kanak-kanak di dalam kelas. Perhatikan gairah dan gerakan mereka; dengarkanlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya polos, mencengangkan. Kemudian perhatikan kelas yang penuh dengan pelajar dewasa. Mereka menunggu instruksi-instruksi. Penuh kekhawatiran tentang hasil belajarnya dan juga takut dikatakan bodoh.

Orang dewasa sesekali saja seperti pembelajar anak-anak. Bila menemukan hobi baru, hobi tersebut akan ditekuninya dengan senang hati. Segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi barunya, dibacanya, dicobanya cara-cara baru, dan bertanya ke sana ke mari. Mencoba, gagal, dan mencoba lagi, tidak bosan-bosan dilakukannya. Keaktifan belajar seperti inilah yang sesungguhnya merupakan kunci keberhasilan belajar.

Bagaimana Anda mulai menjadi pembelajar sepanjang masa?

Sebenarnya, Anda telah memulainya. Tanpa memperhatikan apakah ide dari buku ini diimplementasikan atau tidak, sebenarnya Anda selalu belajar, sepanjang masa, kecuali bila Anda sengaja mengunci diri, di dalam kamar yang tertutup rapat dan terkunci, serta tidak berkomunikasi dengan dunia luar/orang lain. Pertanyaannya adalah: seberapa besar efektif dan konsistennya Anda? Apakah Anda memburu kesempatan belajar di sekitar Anda dan melaksanakannya dengan antusias, dan sikap proaktif? Buku ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan dan memperbesar motivasi dan kemampuan belajar Anda; membantu menjadikan belajar sebagai kegiatan yang diminati dan bagian dari aktivitas harian Anda.

Sikap Pembelajar Sepanjang Masa

Sikap, akan mengawali keberhasilan belajar Anda. Agar menjadi pembelajar sepanjang masa yang efektif, sebaiknya Anda:

  • Memanfaatkan hari-hari Anda sebagai kesempatan belajar
  • Menyadari bahwa meningkatkan keterampilan kerja adalah yang terbaik bagi Anda maupun perusahaan
  • Memandang kesalahan sebagai tantangan belajar
  • Menjadikan pengalaman yang diperoleh setiap hari untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan keterampilan Anda

A.S.K.

Actively Seek Knowledge / Aktif Memburu Pengetahuan

Always Seek Knowledge / Selalu Memburu Pengetahuan

Asertively Seek Knowledge / Asertif Memburu Pengetahuan

Aggressively Seek Knowledge / Agresif Memburu Pengetahuan

———————————————————————————————-

Bersiaplah menjadikan sikap A.S.K. sebagai sikap dalam sisa hidup Anda.

Successful Lifelong Learning Robert Steinbach, PPM Publisher

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar